Kamis, 18 November 2010

Iseng-iseng ingin tahu di K-fair

Inovasi tutup Botol Aqua Galon


Tutup Botol aqua galon memang berbeda dari yang lain saat ini ya, salama di K fair saya cari tahu ada tidak mesin seperti itu eh ternyata memang ada ya mesin tutup botol aqua galon, mungkin selama kita lihat hanya ada satu di indonesia yaitu aqua galon, mungkin mereka kapok di palsukan oleh pengecer kemudian mereka membuat seperti itu ya.. keingintahuan saya sebatas rasa ingin tahu dan penasaran karena tempat saya bekerja tidak ada hubungannya sama sekali, saya juga tidak mengerti sistem pembuatannya di dalam moulding tahu-tahu keluar beraneka warna.. hebat...

mesin cukup lah seharga 1 juta EUR atau sekitar 12.5 milyar untuk sebuah tutup botol, yang pasti orang kalau mau palsu harus keluarin duit segitu yaa... masih mikir-mikir tapi aku yakin dalam bebrapa bulan kedepan pasti ada orang yang berani investasi mesin ini, karena masih banyak tutup botol desain satu warna yang lama seperti Ades, air sosro dll, atau mungkin nanti ada yang jual tutup botol yang mirip kalau ya secara eceran hee hee


gambar tutup botol inovasi aqua

dan juga saya juga heran di indonesia kenapa botol dan tutup botol berwarna biru ya, mungkin karena identik dengan air warna biru, jadi mereka menggunakan warna biru dominan setiap kemasan air minum, coba sekali-kali warna merah atau ping pasti seru di pasar karena unik tutup nya pun warna merah biar beda. ini bisa dibuat pemikiran untuk membuat produk baru kemasan dengan warna lain selain biru menjadi ide peluang di usaha air minum kemasan... ntar aja ya kalau saya sudah jadi pengusaha kali hee heee......

luasnya pangsa pasar air minum membuat banyak sekali produsen baru bersaing ya.. sebenarnya produsen air minum modal nya cuma air tanah gampang sekali tinggal ngebor terus diolah (osmosisasi kali ya) jadilah air minum yang segar... setahu saya yang paling penting hanyalah kemasan saja yang bersaing, semakin tipis aqua gelas bahan plastiknya semakin murah, maka dari itu Produk aqua (danone) mahal karena kemasannya paling bagus dan tebal tampaknya.. kardunya juga paling bagus...

sekian dulu penasaran saya....

3 komentar:

  1. malam mas Novri
    menarik juga rasa ingin tau nya nech saya ingin sedikit menambahkan apa yang sudah di tulis oleh mas novri nech kebetulan tutup botol Aqua ini memang bikin saya juga pusing di awal hehehehehe ok.
    Danone untuk membuat tutup botol AQUA ini menggunakan konsultan langsung dari jerman jadi danone menunjuk salah satu pemain botol terbesar di Indonesia untuk melakukan kerjasama mencetak tutup botol tersebut dengan investasi kurang lebih se besar 8 miliar rupiah ( kalo saya tidak salah bocoran nya ).
    untuk mesin di indonesia sudah ada beberapa mesin bisa untuk inject dan blow 2 warna mesin yang sangat berat dan sangat besar.untuk investasi mesin mungkin mudah pak boss tapi yang susah adalah pembuatan muold dari tutup botol tsb.
    mengapa saya bilang seperti itu kebetulan sekali saya juga pernah terlibat dalam pembuatan mould tutup botol oli yang juga menggunakan 2 warna ( tebak sendiri yach karena saya tidak boleh bilang bilang ) dengan kapasiti 32 cap dalam 1 shoot dan itu sangat menguras tenaga pikiran danwaktu yang sangat panjang. padahal awal nya itu terlihat sangat mudah kita tinggal mengcopy mould asli dari jerman lalu kita buat lokal nya, jadi terlihat mudah kesan nya tinggal bongkar muold yang lama kita ukur tiru bikin selesai ternyata tidak semudah itu dalam perjalanan nya pak boss banyak kendala dalam pengerjaan mould tersebut dari aspek visual mould buatan kami terlihat lebih bagus lebih kinclong dari sang asli tapi bila ke 2 mould ini naik keatas mesin baru terlihat perbedaan perporma dari mould tersebut mould tiruan masih sering mengalami jam di beberapa cavity hingga output nya tidak sempurna masih saja terjadi reject dalam setiap shoot nya.
    so disini saya hanya ingin mengatakan kita bisa invest mesin nya tapi tidak lah mudah untuk membuat mould nya seperti nya kita masih perlu banyak belajar lagi dalam hal ini.
    dan kalo tidak salah ingat semester 2 di tahun ini mould tutup botol AQUA akan turun mesin untuk di buat kembaran nya di indonesia, nanti kita lihat saja hasil nya karena untuk hal ini ada 3 orang indonesia yang sudah di kirim ke jerman untuk belajar selama 1 th lebih belajar lebih mendalam dalam pembuatan mould ini.
    sayang saya tidak lagi bisa ikut dalam team yang akan membuat salah satu mould yang menurut saya sangat fenomenal ini.

    so AQUA bukan lah tutup botol 2 warna yang pertama ada di indonesia hanya saja kita bisa akui Danone sangat konsern akan product nya sampai mereka berani invest untuk suatu product yang bisa di bilang harga nya tidak seberapa.

    dan mengenai analisa bisnis yang anda bilang sunggu indah terlihat yach tapi tidak semudah itu pak bos banyak juga pemain air kemasan yang bangkrup loch karena mereka berpikiran seperti itu sebab masih banyak faktor yang harus di pikirkan

    salam

    Papa Freya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Papa Freya ada contact nya Pak..
      Saya ada perlu bisa dikirim via email..
      Terima Kasih

      Hapus
  2. Terima kasih Mas Papa masukannya sangat memberikan wawasan saya jugaa

    BalasHapus

Sharkskin (Mata ikan pada FIlm)

Sharkskin atau mata ikan  Sering ditemui di film LLDPE atau HDPE blown film  Ini adalah fenomena film dengan bintik-bintik tipis (basah) yan...